Kamis, 31 Januari 2013

Pertandingan Persiram vs Persib Bandung berakhir dengan kedudukan sama kuat 1-1. Setelah unggul 1 gol di Babak pertama, Akhirnya Persib harus puas dengan poin 1 setelah dibabak kedua tuan rumah Persiram berhasil menyamakan kedudukan/
Memasuki babak kedua kedua tim tidak melakukan pergantian pemain, Kenji Membuka peluang dimenit ke 48 namun masih bisa diredam barisan pertahanan Persiram.
Kembali menit 51 Kenji memperoleh peluang, menerima sepak pojok dari Firman Utina nyaris saja sundulan Kenji membobol gawang Jendry Pitoy.
Persiram Balik melakukan serangan, menit ke 59 Daryoush mendapat umpan dari dari Lee, Namun sundulannya bisa diamankan I Made Wirawan.
Gagal mengejar ketinggalan, Justru Persib yang berhasil menambah keunggulan melalui Herman Dzumafo di menit ke 62.  Persib Unggul 2 – 0.
Meski tertinggal 2 gol, Persiram tidak menyerah, mereka tidak berhenti memberikan tekanan. dan akhirnya Kubay Quaiyan mampu memperkecil kekalahan di menit ke 69.
Akhirnya Persiram mampu menyamakan kedudukan, gol dicetak oleh Koko Lomell ketika pertandingan memasuki menit ke 78.
Berada di atas angin, Persiram terus menekan untuk mencari gol kemenangan. Begitupun Persib Bandung masih mencari tambahan gol. Persib berpeluang memangkan pertandingan ketika di masa Injury time M Ridwan sudah di depan gawang, namun sayang tendangannya melenceng.

Pertandingan berakhir kedua tim berbagi angka 1, skor akhir 2-2.
sumber : http://persibteaatuh.blogspot.com/2013/01/ft-persiram-vs-persib-berakhir-dengan.html

Copa del Rey Barca Cukur Cordoba 5-0

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/01/11/052700/2139151/75/barca-cukur-cordoba-5-0
Barcelona - Barcelona memetik kemenangan besar dalam laga leg II babak 16 besar Copa del Rey saat berhadapan dengan tim Segunda Division, Cordoba. Tim besutan Tito Vilanova itu menang telak 5-0.

Pada laga yang berlangsun di Nou Camp, Azulgrana unggul 3-0 saat babak pertama berakhir. Gol-gol disumbangkan oleh Thiago Alcantara dan dua gol dari David Villa.

Di babak kedua Los Cules berhasil menambah dua gol yang semuanya tercatat atas nama Alexis Sanchez. Barca pun menutup laga dengan skor 5-0 hingga menang telak agregrat 7-0.

Dengan kemenangan ini, Barca akan bertemu dengan Malaga di babak perempatfinal Copa del Rey musim ini.

Dalam pertandingan lainnya, Real Betis juga berhasil memetik kemenangan atas tim Segunda Division lainnya, Las Palmas. Verdiblancos menang tipis 1-0 berkat gol tunggal Ruben.

Betis yang menang agregrat 2-1 berhak melaju ke perempatfinal dan akan bertemu dengan Atletico Madrid.

Jalannya Pertandingan

Saat pertandingan berjalan tiga menit, Barca mendapatkan peluang pertamanya. Sepakan Sanchez masih bisa ditepis oleh Mikel Saizar.

Gol pertama Barca hadir di menit ke-17. Gol itu hadir lewat kaki Thiago yang melakukan tusukan lalu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Empat menit kemudian Villa mencatatkan namanya di papan skor. Gol sumbangan Villa itu berawal dari umpan terobosan Thiago. Villa mengecoh pemain belakang Cordoba terlebih dulu sebelum menaklukkan Saizar.

Villa membawa Barca semakin menjauh dengan gol keduanya dalam laga ini. Kali ini Sergi Roberto yang menjadi arsiteknya. Villa yang berada di sisi kiri kotak penalti Cordoba bisa mengarahkan bola ke sisi kiri gawang yang dikawal oleh Saizar.

Thiago hampir mencetak gol kedua di menit 33. Belum beruntung, sepakan kerasnya cuma membentut tiang gawang Cordoba sebelah kiri.

Di sisa babak pertama tak lagi gol tambahan, Barca pun unggu 3-0.

Sanchez kembali mendapatkan peluang di menit 53. Ia bisa menguasai bola terobosan sodoran Thiago, lalu menendang bola yang masih melebar.

Semenit kemudian Saizar melakukan penyelamatan gemilang. Bola lop Alex Song dari luar kotak penalti berhasil ditepisnya.

Sanchez akhirnya bisa membukukan gol lewat tendangan sudut beberapa saat setelahnya. Ia melakukan sundulan tajam yang merobek gawang Saizar untuk kali keempat.

Cordoba yang sesekali menyerang mendapatkan peluang di menit 68. Masih belum optimal, usaha Vincenzo Rennella masih melesat di atas gawang.

Kerja sama Thiago dengan Cristian Tello hampir membuahkan gol kelima Barca. Sial, sepakan melengking Thiago sedikit melebar di atas gawang.

Sanchez membukukan gol kedua lima menit menjelang laga bubar. Gol itu berawal dari bola muntah tendangan Tello. Sanchez yang berdiri bebas langsung memasukannya ke dalam gawang.

Susunan Pemain

Barcelona: Jose Manuel Pinto, Dani Alves, Carles Puyol (Marc Bartra 46), Martin Montoya, Cesc Fabregas (Cristian Tello 46), Thiago, Javier Mascherano, Alex Song, Sergi Roberto (Jonathan Dos Santos 56), David Villa, Alexis Sanchez

Cordoba: Mikel Saizar, Juan Fuentes, Galvez Gaspar,Jose Manuel Fernandez, Francisco Kiko, Artiz Lopez Garai, Jose Silva, Aguilar Alberto, Carlos Cabellero (Vincenzo Rennella 69), Fede Vico (Gomez Moreno Abel 46), Sebastian Dubarbier (Antonio Pedro 60








Sejarah sepakbola di Indonesia

Sejarah Sepakbola Indonesia menjadi keinginan banyak pihak untuk dibakukan sehingga publik mendapatkan informasi yang jelas, utuh, dan ilmiah. Kalau sejarah kerajaan besar di Nusantara saja dapat teridentifikasi, tapi mengapa sepak bola Indoonesia tidak juga ada kejelasan?  sama dengan nasib dualisme sekarang tanpa ada kejelasan,Sayang  hal ini masih menjadi misteri yang tak terungkapkan.
Sempat terfikir oleh aku bahwa jangan-jangan memang belum ada satupun dokumen yang validitasnya kuat yang mengungkap Sejarah Sepak Bola Indonesia. Atau paling tidak hasil penelitian sejarah mengenai Sejarah Sepak Bola Indonesia oleh para sejarahwan, dst. Dan ketika menuliskan artikel ini saya semakin yakin akan dugaan bahwa Sejarah lahirnya Sepak Bola Indonesia memang belum ada.
Kesulitan yang pasti terjadi adalah tidak ditemukanya dokumen sejarah seperti lazimnya peninggalan purbakala yang berupa candi, tulisan di daun lontar, alat-alat, dll. Mungkin juga karena olahraga sepakbola dianggap sebagai aktifitas sosial yang kurang penting sehingga tidak terdokumentasikan dengan baik oleh nenek moyang kita. Agak berbeda dengan beberapa peninggalan sejarah Romawi dan Eropa ynag menemukan akan aktifitas sepak bola.
Hal yang sama juga terjadi pada pencarian mengenai sejarah munculnya olahraga sepak bola dimuka bumi ini yang masih juga mengundang perdebatan. Beberapa dokumen sejarah dunia menjelaskan bahwa sepak bola lahir sejak masa Romawi, sebagian lagi menjelaskan sepak bola berasal dari negeri Tiongkok, dst.
Disisi lain Bill Muray, seorang sejarahwan sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, menjelaskan bahwa permainan sepak bola sudah dikenal sejak awal Masehi, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.
Menurut pendapat saya benang kusut tentang sejarah sepakbola Indonesia bisa mulai diurai dengan meneliti dokumen sejarah Indonesia yang ada di negeri Belanda. Menurut analisa saya sejarah Sepak bola ini diawali oleh pendatang dari luar negeri, bukan dari Indonesia asli. Jadi beberapa kemungkinannya adalah:
  1. Para pedagang dari negeri Tiongkok sekitar abad 7 M yang mulai masuk wilayah nusantara khususnya diwilayah kerajaan Sriwijaya. Seperti diketahui permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM sudah mengenal olah raga sejenis sepak bola yang dikenal dengan sebutan “tsu chu “.

  2. Dibawa masuk ke Indonesia oleh para pedagang dari negeri Belanda, kalau mereka awal masuknya ke Indonesia sekitar tahun 1602 M maka sepakbola lahir dari perkembangan aktifitas dagang mereka di Indonesia.
Kedua kemungkinan lahirnya sejarah sepakbola diatas dapat menjadi kebenaran atau pula menjadi kesalahan, namun tidak ada yang boleh menjustifikasi kedua hal tersebut kecuali atas dasar fakta sejarah yang kuat. Disinilah letaknya urgensi dilakukanya penelusuran sejarah sepak bola nasional Indonesia untuk kemajuan sepak bola indonesia,bangsa yang luhur dan bermartabat bangsa yang  menghargai nilai sejarah dan perjuangannya. tidak seperti KPSI dan PSSI yang tidak menghargai Pahlawan  Soeratin,dan akibatnya terjadilah dualisme ini.jika pejabat sepak bola ini saling rendah hati dan menghargai sepak bola indonesia tidak akan adanya dualisme.
Sumber :http://olahraga.kompasiana.com/bola/2012/11/27/sejarah-lahirnya-sepak-bola-indonesia-dan-nilai-moral-pemimpin-pejabat-sepak-bola-indonesia-506357.html

Sepakbola | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all